KEMAMPUAN ABSTRAKSI ANAK USIA DINI MENGENAI TOPIK ASTRONOMI DENGAN MEDIA BIG BOOK
Abstract
Studi literatur ini mengkaji kemampuan abstraksi anak usia dini mengenai topik astronomi
dengan media big book. Melalui penggunaan media big book, anak usia dini dengan mudah
mampu menciptakan bentuk tiruan, menggambarkan dengan tepat, dan menangkap esensi
dari sebuah pesan. Hasil kajian literatur ini menggambarkan bahwa media big book memberikan
kemudahan bagi anak usia dini dalam mengabstraksi dunia astronomi. Oleh karena itu, media
big book tepat menjadi salah satu pilihan untuk digunakan dalam mengembangkan kemampuan
abstraksi anak usia dini mengenai topik astronomi.
This literature study examines the ability of early childhood abstraction on astronomical topics
with big book media. Through the use of big book media, early childhood is easily able to create
artificial forms, describe precisely, and capture the essence of a message. The results of this
literature review illustrates that the big book media provides convenience for early childhood in
abstracting the world of astronomy. Therefore, the big book media is rightly an option to be used
in developing early childhood abstraction abilities on astronomical topics.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Beaty. J. (2014). Obsevasi Perkembangan Anak
Usia Dini. Jakarta : Kencana
Fitriani & Aminin. (2013). Pengaruh Penggunaan
Media Buku Besar (Big Book). Terhadap
Kemampuan Membaca Permulaan Anak.
Jurnal PAUD Teratai Vol 2 Nomor 2 tahun
Hidayat, A. Aziz Alimul. (2007). Seri Problem
Solving Tumbuh Kembang Anak. Jakarta:
Gramedia.
Hafidlatil dan Yanti. (2016). Pengembangan Media
Pembelajaran Big Book untuk Pembentukan
Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan
dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 3 No 1
Maret 2016.
Madyawati. L. (2016). Strategi Pengembangan
Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.
Musthafa. (2008). Dari Literasi Dini Ke Literasi
Teknologi. Jakarta: Yayasan CREST.
Nabilah, Ananthia &Abidin. (2015). Penggunaan
Big Book Untuk Meningkatkan Kemmapuan
Reading Comprehension Siswa Sekolah
Dasar. Bandung: Universitas Pendidikan
Indonesia.
Novi Andini dan Supardi. (2015). Upaya
Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa
Indonesia Pada Materi Teks Deskripsi
Dengan Menggunakan Media Big Book Di
Kelas I Makkah Mi Al-Khairiyah Pipitan.
Jurnal Ibtida’i Vol 2 Nomor 2 Juli-Desember
tahun 2015.
Otto. B. (2015). Perkembangan Bahasa Pada
Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.
Potter, W. James. (2014). Media Literacy. USA:
Sage Publications, Inc.
Sagan, Carl. (1994). Pale Blue Dot: A Vision of
The Human Future in Space. New York:
Random House.
Suyanto. K. (2008). English For Young Learners.
Jakarta: Bumi Aksara.
Warhani. L. (2015). Meningkatkan Membaca
Permulaan Melalui Media Big Book
Yuniarti. (2014). Peningkatan Keterampilan
Membaca Permulaan Melalui Media Big
Books Siswa.Yogyakarta: UNY.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v7i1.5121
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.