KEMAMPUAN ABSTRAKSI ANAK USIA DINI MENGENAI TOPIK ASTRONOMI DENGAN MEDIA BIG BOOK

Andalusia Neneng Permatasari, Dinar Nur Inten, Dewi Mulyani

Abstract


Studi literatur ini mengkaji kemampuan abstraksi anak usia dini mengenai topik astronomi
dengan media big book. Melalui penggunaan media big book, anak usia dini dengan mudah
mampu menciptakan bentuk tiruan, menggambarkan dengan tepat, dan menangkap esensi
dari sebuah pesan. Hasil kajian literatur ini menggambarkan bahwa media big book memberikan
kemudahan bagi anak usia dini dalam mengabstraksi dunia astronomi. Oleh karena itu, media
big book tepat menjadi salah satu pilihan untuk digunakan dalam mengembangkan kemampuan
abstraksi anak usia dini mengenai topik astronomi.

This literature study examines the ability of early childhood abstraction on astronomical topics
with big book media. Through the use of big book media, early childhood is easily able to create
artificial forms, describe precisely, and capture the essence of a message. The results of this
literature review illustrates that the big book media provides convenience for early childhood in
abstracting the world of astronomy. Therefore, the big book media is rightly an option to be used
in developing early childhood abstraction abilities on astronomical topics.

 


Keywords


kemampuan abstraksi anak usia dini, astronomi, media big book

Full Text:

PDF

References


Beaty. J. (2014). Obsevasi Perkembangan Anak

Usia Dini. Jakarta : Kencana

Fitriani & Aminin. (2013). Pengaruh Penggunaan

Media Buku Besar (Big Book). Terhadap

Kemampuan Membaca Permulaan Anak.

Jurnal PAUD Teratai Vol 2 Nomor 2 tahun

Hidayat, A. Aziz Alimul. (2007). Seri Problem

Solving Tumbuh Kembang Anak. Jakarta:

Gramedia.

Hafidlatil dan Yanti. (2016). Pengembangan Media

Pembelajaran Big Book untuk Pembentukan

Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan

dan Pemberdayaan Masyarakat Vol 3 No 1

Maret 2016.

Madyawati. L. (2016). Strategi Pengembangan

Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.

Musthafa. (2008). Dari Literasi Dini Ke Literasi

Teknologi. Jakarta: Yayasan CREST.

Nabilah, Ananthia &Abidin. (2015). Penggunaan

Big Book Untuk Meningkatkan Kemmapuan

Reading Comprehension Siswa Sekolah

Dasar. Bandung: Universitas Pendidikan

Indonesia.

Novi Andini dan Supardi. (2015). Upaya

Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa

Indonesia Pada Materi Teks Deskripsi

Dengan Menggunakan Media Big Book Di

Kelas I Makkah Mi Al-Khairiyah Pipitan.

Jurnal Ibtida’i Vol 2 Nomor 2 Juli-Desember

tahun 2015.

Otto. B. (2015). Perkembangan Bahasa Pada

Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.

Potter, W. James. (2014). Media Literacy. USA:

Sage Publications, Inc.

Sagan, Carl. (1994). Pale Blue Dot: A Vision of

The Human Future in Space. New York:

Random House.

Suyanto. K. (2008). English For Young Learners.

Jakarta: Bumi Aksara.

Warhani. L. (2015). Meningkatkan Membaca

Permulaan Melalui Media Big Book

Yuniarti. (2014). Peningkatan Keterampilan

Membaca Permulaan Melalui Media Big

Books Siswa.Yogyakarta: UNY.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v7i1.5121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Slot Online

https://champagne-christophe-mignon.com