PERBEDAAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PG PAUD KABUPATEN SIAK DENGAN KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU

Febrialismanto Febrialismanto, Hukmi Hukmi

Abstract


tugasnya. Dari hasil perbedaan kompetensi profesional yang dapat dilihat dari kabupaten Siak
dan kabupaten Kampar dapat diketahui indikator kompetensi profesionalnya berikut ini,
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran
yang diampu (Konsep dasar matematika, sains, bahasa, pengetahuan sosial, agama, seni,
pendidikan jasmani, kesehatan dan gizi sebagai sarana pengembangan untuk setiap bidang
pengembangan anak TK/PAUD) guru kabupaten Siak 72.69 (Cukup Tinggi) dan guru kabupaten
Kampar 66.85 (Cukup Tinggi). Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang
mendukung mata pelajaran yang diampu (Penggunaan berbagai alat permainan untuk
mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial emosional, nilai moral, sosial budaya, dan bahasa
anak TK/PAUD) guru kabupaten Siak 78.24 (Cukup Tinggi) dan guru kabupaten Kampar 80.48
(Tinggi). Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata
pelajaran yang diampu (Menguasai berbagai permainan anak) guru kabupaten Siak 87.50 (Tinggi)
dan guru kabupaten Kampar 93.06 (Tinggi). Menguasai standar kompetensi dan kompetensi
dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu guru kabupaten Siak 61.42 (Cukup
Tinggi) dan guru kabupaten Kampar 64.92 (Cukup Tinggi). Mengembangakan materi
pembelajaran yang diampu secara kreatif guru kabupaten Siak 70.83 (Cukup Tinggi) dan guru
kabupaten Kampar 61,67 (Cukup Tinggi). Mengembangakan keprofesionalan secara
berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif guru kabupaten Siak 78.82 (Cukup Tinggi)
dan guru kabupaten Kampar 49.29 (Rendah). Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri guru kabupaten Siak 84.72 (Tinggi) dan guru
kabupaten Kampar 72.86 (Cukup Tinggi). Dari hasil penelitian dapat diketahui dari tabel
Independent Samples Test nilai sig. (2-tailed) 0.000 sehingga dapat interpretasi bahwa Ho
ditolak dan Ha diterima. rtinya terdapat perbedaan antara kompetensi profesional guru PAUD
Kabupaten Siak dengan Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

From the result of different professional competence which can be seen from Siak and Kampar
regency can be known the following professional competency indicator, Mastering the materials,
structure, concept and thinking pattern of science that support the subjects that taught (Basic
concepts of math, science, language, social knowledge, religion, art, physical education, health
and nutrition as a means of development for every area of development of kindergarten children)
Siak Regency teacher 72.69 (High enough) and Kampar Regency teacher 66.85 (High enough).
Mastering the materials, structures, concepts and scientific thinking patterns that support the
subjects that are being taught (Use of various game tools to develop the physical, cognitive,
social, emotional, moral, socio-cultural, and language aspects of Kindergarten children) Siak
Regency teachers 78.24 High) and Kampar regency teachers 80.48 (High). Mastering the
materials, structures, concepts and mind-set of scholarship that support the subjects that are
taught (Mastering various children’s games) Siak regency teachers 87.50 (High) and Kampar
regency teachers 93.06 (High). Master the standard of competence and basic competence of
subject / field of development which is supported by Siak regency teacher 61.42 (High enough)
and Kampar regency teacher 64.92 (High enough). Developing creativity-enhanced learning
materials of Siak regency teachers 70.83 (High enough) and Kampar regencyteachers 61.67
(High enough). Developing professionalism in a sustainable manner by doing the reflective
action of Siak regency teachers 78.82 (High enough) and Kampar Regency teacher 49.29 (Low).
Utilizing information and communication technology to communicate and develop themselves
Siak regencyt eachers 84.72 (High) and Kampar regency teachers 72.86 (High enough). From
the research results can be seen from the Independent Samples Test table sig value. (2-tailed)
0.000 so it can be interpretation that Ho is rejected and Ha accepted. there is a difference
between the professional competence of Eearly Childhood teachers in Siak Regency and Kampar
Regency of Riau Province.


Keywords


kompentensi profesional, guru pg paud

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid (2007) Perencanaan Pembelajaran,

Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Christian Dicky. (2008). Pengaruh Kemampuan

Profesional dan Motivasi Kerja Guru Terhadap

Efektivitas Pembelajaran. Tesis: Sekolah

Pasca Sarjana Universitas Pendidikan

Indonesia. Tidak diterbitkan

Diane E. Papalia, dkk (2008) Human Development.

Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Harina Yuhetty dkk. (2009). Kajian Kompetensi

Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Jakarta: Bidang Mutu Pendidikan Mendiknas.

Kunandar. (2007). Guru Profesional, Implementasi

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

(KTSP) dan Persiapan Menghadapi

Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Pupuh Fathurrohman & M. Sobry Sutikno. (2007).

Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman

Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung:

Refika Adima.

Rochiati Wiriaatmadja. (2005). Metode Penelitian

Tindakan Kelas. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Takdiroatun Musfiroh (2008) Cerdas Melalaui

Bermain. Cara Mengasah Multiple Intelligence

Pada Anak Sejak Usia Dini. Jakarta:

Grasindo.

Wina Sanjaya. (2008). Strategi Pembelajaran

Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yuliani Nurani Sujiono. (2009). Konsep Dasar

Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v7i1.5114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Slot Online

https://champagne-christophe-mignon.com