PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK SISWA KELAS IV SD NEGERI 004 KEMPAS JAYA

Sumini Sumini

Abstract


Dilihat dari nilai Ulangan Harian pada pembelajaran bahasa Indonesia, masih banyak siswa
mendapat nilai rendah, di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan dalam
pembelajaran bahasa Indonesia yaitu ( 65 .Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
Hasil Belajar Bahasa Indonesia melalui Model Kooperatif Tipe Talking Stick siswa Kelas IV SD
Negeri 004 Kempas Jaya TP 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 004 Kempas
Jaya, Kabupaten Indragiri Hilir. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 004
Kempas Jaya, Kabupaten Indragiri Hilir, yang mana jumlah siswanya 26 orang. Penelitian ini
dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2013 / 2014, terhitung dari waktu perencanaan
sampai penulisan laporan hasil penelitian. Pembelajaran dengan metode Kooperatif Tipe Talking
Stick dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar kelompok. Terdapat peningkatan ratarata
hasil ulangan akhir siklus dengan nilai e” 65.

Judging from the value of Daily Deuteronomy in Indonesian language learning, there are still
many students get low score, under the Minimum Exhaustiveness Criteria (KKM) specified in
Indonesian language learning that is (65) .The aim of this research is to improve the Learning
Outcomes of Indonesia through Talking Type Co-operative Model Stick student of Class IV SD
Negeri 004 Kempas Jaya TP 2016/2017 This research was conducted at SD Negeri 004 Kempas
Jaya, Indragiri Hilir Regency The subjects in this research are the fourth grade students of SD
Negeri 004 Kempas Jaya, Indragiri Hilir Regency, where the number of students 26 orang.Penelitian
conducted in the second semester of academic year 2013/2014, from the time of planning until
the writing of the research results. Telaborative Learning Talking Type Stick can increase students’
activity in group learning average score of end result cycle with value e” 65.


Keywords


Belajar Tipe Talking Stick

Full Text:

PDF

References


Asma, Nur. 2008. Model Pembelajaran Kooperatif.

Padang: UNP Press.

Arikunto, Suharmi. 2010. Penelitian Tindakan

Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan

Guruan Jenjang Guruan Dasar. Jakarta:

Depdiknas.

Djaali. 2011. Psikologi Guruan. Jakarta. Bumi

Aksara.

Gulo, Hardikupatu. 2011.” Pengaruh Penggunaan

Model Pembelajaran Talking Stick Teradap

Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA

SMAN 13 Padang”. (Skripsi) Program Studi

SI Biologi. FKIP. Universitas Bung Hatta.

Mulyasa. 2006. Kurikulum yang Disempurnakan

Pengembangan standar Kompetensi dan

Kompetensi Dasar. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca Di

sekolah Dasar. Jakarta. Bumi Aksara.

Supriono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori

Aplikasi Paikem. Jakarta. Pustakan Belajar.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang

Mempengaruhinya. Jakarta: PT Runeka Cipta.

Tarmizi. 2010. Talking Stick (online)

_______http://tarmizi. wordpress. coom. /2010/02/

talking stick/ diakses Tanggal 10

Desember 2012.

Wardani, dkk. 2004. Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas

Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v7i1.5106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.