PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK SISWA KELAS IV SD NEGERI 004 KEMPAS JAYA
Abstract
Dilihat dari nilai Ulangan Harian pada pembelajaran bahasa Indonesia, masih banyak siswa
mendapat nilai rendah, di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan dalam
pembelajaran bahasa Indonesia yaitu ( 65 .Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
Hasil Belajar Bahasa Indonesia melalui Model Kooperatif Tipe Talking Stick siswa Kelas IV SD
Negeri 004 Kempas Jaya TP 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 004 Kempas
Jaya, Kabupaten Indragiri Hilir. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 004
Kempas Jaya, Kabupaten Indragiri Hilir, yang mana jumlah siswanya 26 orang. Penelitian ini
dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2013 / 2014, terhitung dari waktu perencanaan
sampai penulisan laporan hasil penelitian. Pembelajaran dengan metode Kooperatif Tipe Talking
Stick dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar kelompok. Terdapat peningkatan ratarata
hasil ulangan akhir siklus dengan nilai e” 65.
Judging from the value of Daily Deuteronomy in Indonesian language learning, there are still
many students get low score, under the Minimum Exhaustiveness Criteria (KKM) specified in
Indonesian language learning that is (65) .The aim of this research is to improve the Learning
Outcomes of Indonesia through Talking Type Co-operative Model Stick student of Class IV SD
Negeri 004 Kempas Jaya TP 2016/2017 This research was conducted at SD Negeri 004 Kempas
Jaya, Indragiri Hilir Regency The subjects in this research are the fourth grade students of SD
Negeri 004 Kempas Jaya, Indragiri Hilir Regency, where the number of students 26 orang.Penelitian
conducted in the second semester of academic year 2013/2014, from the time of planning until
the writing of the research results. Telaborative Learning Talking Type Stick can increase students’
activity in group learning average score of end result cycle with value e” 65.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asma, Nur. 2008. Model Pembelajaran Kooperatif.
Padang: UNP Press.
Arikunto, Suharmi. 2010. Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan
Guruan Jenjang Guruan Dasar. Jakarta:
Depdiknas.
Djaali. 2011. Psikologi Guruan. Jakarta. Bumi
Aksara.
Gulo, Hardikupatu. 2011.” Pengaruh Penggunaan
Model Pembelajaran Talking Stick Teradap
Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA
SMAN 13 Padang”. (Skripsi) Program Studi
SI Biologi. FKIP. Universitas Bung Hatta.
Mulyasa. 2006. Kurikulum yang Disempurnakan
Pengembangan standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca Di
sekolah Dasar. Jakarta. Bumi Aksara.
Supriono, Agus. 2010. Cooperatif Learning Teori
Aplikasi Paikem. Jakarta. Pustakan Belajar.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang
Mempengaruhinya. Jakarta: PT Runeka Cipta.
Tarmizi. 2010. Talking Stick (online)
_______http://tarmizi. wordpress. coom. /2010/02/
talking stick/ diakses Tanggal 10
Desember 2012.
Wardani, dkk. 2004. Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas
Terbuka.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v7i1.5106
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.