Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang (Balok, Kubus) Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas IV Kota Pekanbaru
Abstract
Penelitian bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Apakah melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dapat menigkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar 125 Pekanbaru jumlah siswa 28 orang. Proses pengumpulan data menggunakan tehknik observasi. Teknik observasi dilakukan dengan mengunakan lembar observasi kegiataan guru, kegiatan siswa, kegiatan KBM dan tes belajar pada materi. Dibandingkan dengan setelah dilaksanakannya Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terjadi kenaikan hasil belajar siswa pada siklus I 75% (21 siswa) berhasil tuntas dan pada siklus II mengalami kenaikkan hasil belajar siswa 92,85% (26 siswa) berhasil tuntas. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami kenaikkan dari siklus I ke siklus II sebesar 17,85 %. Hasil posttest, untuk mengetahui kemampuan siswa menguasai pelajaran pada siklus I memperoleh rata-rata kelas 72,46 sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata kelas sebesar 80,25. Penulis menyimpulkan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikkan 19,23 %.
Research aims to improve student learning outcomes in mathematics subjects. Whether through Realistic Mathematics Education Approach can improve student learning outcomes. The study was carried out on the fourth grade students of 125 Pekanbaru Primary School students of 28 students. The process of collecting data using observation techniques. Observation technique is done by using observation sheet of teacher activity, student activity, KBM activity and learning test on the material. Compared with after the implementation of Realistic Mathematics Education Approach, the increase of students 'learning outcomes in the first cycle of 75% (21 students) was completed and in the second cycle, the students' learning achievement 92.85% (26 students) was completed. It can be concluded that students' learning outcomes have increased from cycle I to cycle II of 17.85%. The result of posttest, to know the ability of student to master lesson in cycle I get average class 72,46 whereas in cycle II get average class equal to 80,25. The authors concluded the student learning outcomes from cycle I to cycle II experienced an increase of 19.23%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmadi. 1992. Islam Paragdima Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Madia. Arifin,Zainal. 1990. Evaluasi Instruksional (Prinsip-Teknik Prosedur). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsini. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asvia, Azmi. 2012. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Bangun Ruang Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Di Sekolah Dasar Negeri I MARIBAYA KARANGANYAR PURBALINGGA. Skriosi tidak diterbitkan. Semarang. Jurusan PGSD Fakultas ILMU PENDIDIKAN UNNES SEMARANG.
Azwar, Saifuddin. 2006. Pengantar Psikologi Inteligensi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Burhan Mustaqim, Ary astuty. 2008. Ayo Belajar Matematika SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Pembukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Conny, Semiawan. 2008. Belajar Dan Pembelajaran Prasekolah Dan Sekolah Dasar. Indonesia: PT Macanan Jaya Cemerlang.
Daryanto. 2012. Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gaya Media. Diplomati, Utari. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan
Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Siswa Kelas III SD NEGERI WONOKERTO TEGALREJO Kabupaten Magelang. Skripsi tidak diterbitkan. Salatiga. Jurusan Tarbiyah IAIN Salatiga.
Djamarah , Syaiful Bahri,. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif.Jakarta: Rineka Cipta.
Faizi , Mastur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid.Yogyakarta: DIVA Press.
Hamalik, Oemar. 1990. Metoda Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
Heruman. 2010. Model Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Roosbiyantana, Dawig. 2007. Mengenal Bangun Ruang Sisi Datar. Yogyakarta: PT Citra Aji Darawa.
Sam‟s, Rosma Hartiny. 2010. Model Penelitian Tindakan Kelas: Teknik Bermain Konstruktif untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Yogyakarta: Sukses Offset.
Slameto. 1991. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Memepengaruhinya. Salatiga: Rineka Cipta.
Sriyanti , Lilik. 2011. Psikologi Belajar. Salatiga: STAIN Salatiga Press. Sukamiyati. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendidikan
Matematika Realistik (PMR) Pada Siswa Kelas IV Sd NEGERI TIMBULHARJO. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta. Jurusan Pra Sekolah Dan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan UNY Yogyakarta
Sumadoyo, Samsu. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sunarroso. 2008. Bimbingan Belajar Geometri. Surakarta: PT Era Pustaka Utama.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v7i1.5100
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.