Peranan Keluarga Dalam Mempersiapkan Kemandirian Anak Untuk Menghadapi Masalah-Masalah Dalam Kehidupan
Abstract
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memberi pemahaman dikalangan orang tua agar dapat mempersiapkan kemandirian anak untuk mengatasi masalah-masalah dalam kehidupan. Untuk mengkaji masalah tersebut penulis menggunakan pendekatan studi kepustakaan baik yang diambil dari buku teks maupun dari journal hasil-hasil penelitian yang relefan dengan pokok bahasan. Kemandirian yang diharapkan dapat berupa kemandirian emosional, kemandirian behavioural, dan kemandirian nilai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahamadi, Abu. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta. Rineka Cipta.
Faridah Abu Hasan dkk. 2005. Kemiskinan dan Pendidikan: Perubahan Minda Orang Melayu kearah Kecermalangan Pendidikan Akademi. Jurnal Penyelididkan Pendidikan. Jilid 7.
Ibnu Qosim. (On line). http://www.radarsemarang.com/daerah/kudus/2356-kontrol. Ligkungan-keluarga-dan-sosial.html.
Kamarudin Hj. Kachar. 1989. Pendidikan dan Masyarakat, Teks Publishing Sdn. Bhd &. Kuala Lumpur. Penerbit ASAS Sdn. Issues
Magaton, Yuri. 2010. Pelayanan Konseling pada Satuan Pendikakan Menengah. Jakarta. Grasindo.
Meda Wahini. 2008. Keluarga Sebagai Tempat Pertama dan Utama Terjadinya Sosialisai pada Anak. http://tumoutou.net/702_05123/meda_wahini.html (15 Desember 2008).
Permana, M, Sidiq. 2011. Program Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sukesih. 2010. Hubungan antara Interaksi Sosial Teman Sebaya dengan Kemandirian Remaja. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
Syarifudin, Tatang. 2008. Pedagogik, Teoritis Sistematis. Bandung. Percikan Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v4i2.4993
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.