Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Sains di Kelompok B TK 008 Melur Pulau Terap Kecamatan Kuok

Nurhidayati Nurhidayati

Abstract


Artikel ini membahas tentang penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan kemampuan sains di kelompok B TK 008 Melur Pulau Terap Kecamatan Kuok.  Kemampuan sains anak terlihat masih rendah.penyebab masalah ini adalah kurangnya kemampuan guru memberikan pembelajaran yang bervariasi kepada anak, sehingga anak kurang berminat terhadap kegiatan yang dilaksanakan.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sains anak melalui metode eksperimen.Guna untuk meningkatkan kemampuan sains anak maka diadakan perbaikan kegiatan pembelajaran dengan  PTK. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada siklus pertama masih 20 % dari jumlah anak dengan kategori nilai sangat baik, 40 % baik dan 40 % anak belum mampu. Dan pada siklus kedua mengalami kemajuan yang cukup baik, dengan skor nilai 30 % dengan nilai sangat baik, 60 %  baik dan 10 % anak yang belum mampu.Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan sains anak di TK 008 Melur Pulau Terap


Keywords


Metode eksperimen. Kemampuan sains, dan PTK

Full Text:

PDF

References


Aidin Adlan, 2011. Penelitian Tindakan Kelas, Kudus : Dita Kurnia

Departemen Pendidikan Nasional, 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Gunarti, Winda, 2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta, Universitas Terbuka.

Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Taman Kanak-Kanak dan Raudlatul Athfal, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah

Departemen Pendidikan Nasional, 2006 Pedoman Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah

Ratnawati, Sinta, 2001. Mencetak Anak Cerdas dan Kreatif. Jakarta: Buku Kompas.

Suyanto, Slamet, 2005. Pembelajaran untuk Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tim Penelitian PG PAUD, 2009. Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardhani Igak, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v4i2.4989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.