UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP PECAHAN MELALUI MEDIA BLOK PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDNEGERI CIDAHU 1 KECAMATAN DARMA KABUPATEN KUNINGAN JAWA BARAT

Aan Nurhasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pecahan
malalui bantuan media blok pecahan. Penelitian ini dilakukan berdasarkan kesepakatan antara
peneliti dan guru pengampu mata pelajaran, dimana peneliti bertindak sebagai observer yang
memberikan arahan dan menilai kegiatan pembelajaran. Subyek penelitian adalah siswa SD N
1 Cidahu tahun ajaran 2016-2017 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian yang dilakukan
merupakan kolaborasi dengan guru mata pelajaran, peneliti bertindak sebagai observer. Teknik
pengumpulan data yang digunakan melalui observasi yang dilakukan terhadap kegiatan
mengajar guru serta lembar tes pemahaman konsep yang dilakukan setiap selesai kegiatan
pembelajaran untuk melihat pencapaian kompetensi siswa.Penelitan ini dilaksanakan pada
semester genap tahun ajaran 2016/2017 selama dua bulan, yaitu dari bulan April sampai bulan
Mei 2017. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan media blok
pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan pecahan,
rata-rata peningkatan hasil belajar siswa mencaipai 20, (2) Setiap siswa dapat menuntaskan
nilai KKM bahakan ada beberapa siswa yang melebihi KKM, peningkatan KKM mencapai 102%.


Keywords


Mengenal Konsep Pecahan, Media Blok Pecahan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v6i2.4500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.