UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LARI JARAK PENDEK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIMODIFIKASI PADA SISWA KELAS III SD 017 PANDAU JAYA

Wahidar Zulfikar

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SD 017 Pandau Jaya Kabupaten Kampar, penelitian ini melibatkan
semua siswa kelas III yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,
tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan penilaian pengamatan sikap keaktifan siswa, penilaian ketuntasan hasil
belajar.Hasil pengamatan proses pembelajaran yang kaitannya dengan sikap aktivitas siswa
selama mengikuti pembelajaran, yaitu siklus I hasil prosentase sebesar 57,14% dan siklus
II hasil prosentase sebesar 80,98%, ini ada peningkatan sebesar 23,84%.Kesimpulan dalam
penelitian ini adalah pembelajaran lari jarak pendek menggunakan pendekatan Media
Pembelajaran Yang Dimodifikasi mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan saran
dalam penelitian ini adalah siswa diharapkan untuk meningkatkan semangat belajar. Guru
hendaknya terus berusaha untuk meningkatkan kemampuannya dan juga guru diharapkan lebih
inovatif, kreatif dalam memilih dan menerapkan metode serta media pembelajaran yang sesuai
dengan materi pelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan efektif dan
menyenangkan.


Keywords


media pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v6i2.4492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.