MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA MELALUI MEDIA LASHCARD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SDN 017 PANDAU JAYA KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

Suryani Suryani

Abstract


Rendahnya motivasi belajar membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas I
SD Negeri 017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu disebabkan oleh tidak berhasilnya guru
menciptakan situasi belajar yang menyenangkan. Guru tidak pernah menggunakan media
yang bervariasi dan dapat membuat siswa termotivasi dalam belajar membaca pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia, papan tulis adalah satu-satunya media yang digunakan guru
dalam proses belajar membaca dan ceramah adalah metode yang selalu di gunakan, sehingga
kegiatan pembelajaran terkesan menoton dan membosankan. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahuai apakah penggunaan Media Flashcard dapat meningkatkan motivasi belajar
membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dari hasil penelitian menunjukkan
Penggunaan flashcard dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I SDN
017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu tahun 2014. Keberhasilan ini disebabkan dengan
penggunaan media Flashcard yang dilakukan guru telah berada pada tingkat kesempurnaa
sehingga siswa cenderung lebih positif dalam menerima pelajaran yang diberikan guru, dengan
demikian tingkat aktivitas siswa akan meningkat dan pada gilirannya dapat meningkatkan
motivasi belajarnya.


Keywords


Motivasi belajar, media flashcard,

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v6i2.4491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.