PENERAPAN METODE FUN LEARNING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK KELAS I B SDN 017 PANDAU JAYA KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

Nina Yulinda

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan Penerapan Metode Pembelajaran Fun
Learning dapat Meningkatkan Hasil Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IB Siswa SD Negeri
017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan hasil pembelajaran tematik siswa kelas IB dengan menggunakan metode
pembelajaran Fun Learning di SD Negeri 017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten
Kampar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IB SD Negeri 017 Pandau Jaya Kecamatan
Siak Hulu Kabupaten Kampar, berjumlah 28 orang yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14
siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah teknik tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
metode Fun Learning dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik siswa kelas IB SD Negeri
017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Hal ini dapat dibuktikan, dimana
data awal diperoleh jumlah nilai 1780 dengan rata-rata kelas 63,57, tindakan pada siklus I
diperoleh jumlah nilai 2110 atau dengan rata-rata 75,36 setelah dilakukan tindakan pada siklus
II diperoleh jumlah nilai 2485 atau dengan rata-rata nilai siswa 88,75. Dengan demikian hipotesis
yang berbunyi “Jika metode fun learning diterapkan dengan baik, maka kemampuan siswa
kelas IB SD Negeri 017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar dalam dalam
pembelajaran tematik dapat ditingkatkan” bisa diterima.


Keywords


Fun Learning, Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v6i2.4490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.