PENGGUNAAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VA SDN 017 PANDAU JAYA KECAMATAN SIAK HULU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sosial
dengan menggunakan metode Index Card Match. Penelitian ini dilakukan dari bulan Juli sampai
Agustus 2015. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN 017 Pandau Jaya dengan 26
siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Data diperoleh melalui
lembar observasi kegiatan guru dan lembar kegiatan siswa, sedangkan prestasi siswa diukur
dengan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecocokan kartu indeks efektif untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasilnya terbukti dengan meningkatnya aktivitas guru;
pada siklus I 62, 55%, siklus kedua 83,5% (meningkat 20,95%). Sementara itu, meningkatnya
aktivitas siswa; pada siklus I 52,88%, siklus II 70,51% (meningkat 17,63%). Siswa yang lulus
dari siklus I mencapai 46, 15% pada pertemuan pertama dan 57,69% pada pertemuan terakhir
(11,54% meningkat) dan untuk siklus terakhir, mencapai 73% pada pertemuan pertama dan
96,2% pada pertemuan terakhir (23,2% meningkat).
dengan menggunakan metode Index Card Match. Penelitian ini dilakukan dari bulan Juli sampai
Agustus 2015. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN 017 Pandau Jaya dengan 26
siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Data diperoleh melalui
lembar observasi kegiatan guru dan lembar kegiatan siswa, sedangkan prestasi siswa diukur
dengan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecocokan kartu indeks efektif untuk
meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasilnya terbukti dengan meningkatnya aktivitas guru;
pada siklus I 62, 55%, siklus kedua 83,5% (meningkat 20,95%). Sementara itu, meningkatnya
aktivitas siswa; pada siklus I 52,88%, siklus II 70,51% (meningkat 17,63%). Siswa yang lulus
dari siklus I mencapai 46, 15% pada pertemuan pertama dan 57,69% pada pertemuan terakhir
(11,54% meningkat) dan untuk siklus terakhir, mencapai 73% pada pertemuan pertama dan
96,2% pada pertemuan terakhir (23,2% meningkat).
Keywords
index card match, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v6i2.4487
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.