PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK LABORATORIUM FKIP UNIVERSITAS RIAU
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menjelaskan bagaimana pengaruh media
gambar terhadap kemampuan membaca anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah dapat media gambar meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-
6 tahun di TK Labor FKIP Universitas Riau. Rancangan penelitian ini adalah The Pre Test- Post
Test Design, yang melibatkan 26 orang anak. Eksperimen dilakukan dengan memberikan media
gambar untuk meningkatkan kemampuan membaca anak. Analisis data pada penelitian ini
adalah dengan menggunakan analisis uji beda (t-test) menggunakan seri program statistik
SPSS 17 for windows untuk mengetahui pengaruh dari media gambar terhadap kemampuan
membaca anak. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil uji-t sebesar 17.86 (p=0,000) dan
bila dilihat persentasi peningkatannya dari skor rata-rata 6 sebelum menggunakan media,
kemudian meningkat menjadi 8.5 berarti terdapat peningkatan sebesar 2.5 (dua koma lima).
Kesimpulannya, bahwa dengan media gambar dapat mempengaruhi kemampuan membaca
anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Laboratorium FKIP Universitas Riau.
gambar terhadap kemampuan membaca anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui apakah dapat media gambar meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-
6 tahun di TK Labor FKIP Universitas Riau. Rancangan penelitian ini adalah The Pre Test- Post
Test Design, yang melibatkan 26 orang anak. Eksperimen dilakukan dengan memberikan media
gambar untuk meningkatkan kemampuan membaca anak. Analisis data pada penelitian ini
adalah dengan menggunakan analisis uji beda (t-test) menggunakan seri program statistik
SPSS 17 for windows untuk mengetahui pengaruh dari media gambar terhadap kemampuan
membaca anak. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil uji-t sebesar 17.86 (p=0,000) dan
bila dilihat persentasi peningkatannya dari skor rata-rata 6 sebelum menggunakan media,
kemudian meningkat menjadi 8.5 berarti terdapat peningkatan sebesar 2.5 (dua koma lima).
Kesimpulannya, bahwa dengan media gambar dapat mempengaruhi kemampuan membaca
anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Laboratorium FKIP Universitas Riau.
Keywords
Media Gambar, Membaca
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v6i2.4486
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.