PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS V SDN 017 PANDAU JAYA KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

Maryani Maryani

Abstract


Hasil pembelajaran membaca puisi di kelas VA SD Negeri 017 Pandau Jaya Kecamatan Siak
Hulu Kabupaten Kampar, saat ini menunjukkan perolehan nilai yang kurang memuaskan, bahkan
mencerminkan kegagalan. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai data awal adalah 66,20.
Berarti kemampuan membaca puisi di kelas VA berada di bawah KKM yang telah ditentukan
yaitu 70. Saat ini siswa kelas VA SD Negeri 017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten
Kampar berjumlah 25 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan.
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes dan observasi Berdasarkan
data yang tersebut diatas maka untuk meningkatkan keterampilan dalam membaca puisi siswa
dapat dilakukan dengan menggunakan metode demonstrasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas VA
SD Negeri 017 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, karena hal ini dapat
dibuktikan dengan dilakukannya tindakan pada siklus I diperoleh skor total 1785 atau dengan
rata-rata 71,40, setelah dilakukan tindakan pada siklus II diperoleh skor total 2170 atau dengan
rata-rata nilai siswa 86.80. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Jika metode demonstrasi
diterapkan dengan baik, maka kemampuan siswa kelas VA SD Negeri 017 Pandau Jaya
Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar dalam membaca puisi dapat ditingkatkan” bisa
diterima.


Keywords


kemampuan membaca, metode demonstrasi, model pembelajaran Scramble

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v6i2.4482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.