ANALISIS FAKTOR KETRAMPILAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK (PENDIDIKAN ANAK USIA DINI) YANG BELUM BERAKREDITASI DI KOTA PEKANBARU
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah banyaknya sekolah taman kanak-kanak (pendidikan
anak usia dini) yang belum terakriditasi di Kota Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui faktor-faktor ketrampilan kepala sekolah taman kanak-kanak serta faktor
apakah yang memiliki kontribusi terbesar terhadap belum terakriditasinya sekolah yang
bersangkutan. Populasi dalam penelitian ini, mengacu pada data dari Dinas Pendidikan Kota
Pekanbaru tahun 2013, adalah semua kepala sekolah taman taman kanak-kanak (pendidikan
anak usia dini) yang belum terakriditasi di Kota Pekanbaru sebanyak 148 orang. Sedang sample
penelitiannya sebanyak 60 orang. Pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik angket tentang
ketrampilan kepemimpinan kepala sekolah. Setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas dari
28 butir pernyataan terdapat 4 butir yang tidak memenuhi syarat, sehingga instrument final
terdiri dari 24 butir pertanyaan. Dari data yang terkumpul setelah dilakukan analisis statistic
sederhana, ketrampilan konseptual (conseptual skill) memperoleh skor 65,83% termasuk dalam
kategori baik, ketrampilan teknik (technical skill) memperoleh skor 69,52% termasuk kategori
baik, dan ketrampilan kemanusiaan (human skill) memperoleh skor 81,39% termasuk kategori
sangat baik. Apabila diambil rata-rata tentang ketrampilan kepemimpinan terrsebut diperoleh
skor 72,25% termasuk dalam kategori baik.
anak usia dini) yang belum terakriditasi di Kota Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui faktor-faktor ketrampilan kepala sekolah taman kanak-kanak serta faktor
apakah yang memiliki kontribusi terbesar terhadap belum terakriditasinya sekolah yang
bersangkutan. Populasi dalam penelitian ini, mengacu pada data dari Dinas Pendidikan Kota
Pekanbaru tahun 2013, adalah semua kepala sekolah taman taman kanak-kanak (pendidikan
anak usia dini) yang belum terakriditasi di Kota Pekanbaru sebanyak 148 orang. Sedang sample
penelitiannya sebanyak 60 orang. Pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik angket tentang
ketrampilan kepemimpinan kepala sekolah. Setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas dari
28 butir pernyataan terdapat 4 butir yang tidak memenuhi syarat, sehingga instrument final
terdiri dari 24 butir pertanyaan. Dari data yang terkumpul setelah dilakukan analisis statistic
sederhana, ketrampilan konseptual (conseptual skill) memperoleh skor 65,83% termasuk dalam
kategori baik, ketrampilan teknik (technical skill) memperoleh skor 69,52% termasuk kategori
baik, dan ketrampilan kemanusiaan (human skill) memperoleh skor 81,39% termasuk kategori
sangat baik. Apabila diambil rata-rata tentang ketrampilan kepemimpinan terrsebut diperoleh
skor 72,25% termasuk dalam kategori baik.
Keywords
ketrampilan kepemimpinan (leadership skill)
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v6i1.4162
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.