PENGARUH POLA ASUH DAN BULLYING TERHADAP HARGA DIRI (SELF ESTEEM) PADA ANAK KELOMPOK B TK DI KOTA PEKANBARU TAHUN 2016

Ilga Maria, Ria Novianti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak yang agresif dan menyukai kekerasan, anak yang
sering merasa cemas, anak yang kurang percaya diri, anak yang merasa dirinya lemah, anak
yang merasa dirinya mempunyai kekuatan fisik dan berkuasa, dan anak yang kurang
mendapatkan pengawasan dari orang tua dan guru di kelompok B TK Kota Pekanbaru. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh dan bullying terhadap harga diri (self
esteem). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pola asuh (X1), bullying (X2),
harga diri (self esteem) (X3). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, studi kausal
dengan teknik analisis jalur. Peneltian ini dilakukan pada anak kelompok B TK di Kota Pekanbaru
pada bulan Juli hingga September tahun 2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah kluster sampling (mengambil wakil dari setiap wilayah geografis yang ada). Sampel
dalam penelitian ini berjumlah 99 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh
berpengaruh langsung positif terhadap harga diri (self-esteem), bullying berpengaruh langsung
positif terhadap harga diri (self esteem) dan pola asuh berpengaruh langsung positif terhadap
bullying.


Keywords


Pola asuh, bullying, harga diri (self esteem).

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v6i1.4161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.