PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACAKAN PUISI SISWA KELAS X.1 SMA NEGERI 3 KAMPARDENGAN MODEL SANGGAR SASTRA

Hidayatun Nur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan membacakan puisi
siswa dengan memperhatikan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat dengan
menggunakan model sanggar sastra dan mendeskripsikan bagaimana faktor penunjang dan
penghambat dalam peningkatan membacakan puisi siswa dengan menggunakan model
sanggar sastra. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian
ini dilakukan dalam tiga siklus. Data kualitatif dalam penelitian ini dikumpulkan dari observasi
dan catatan lapangan sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui tes unjuk kerja siswa dan
observasi aktivitas siswa. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan memilahmilah
dan mengorganisasikan data berdasarkan prosedur dan kategori yang telah ditetapkan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa siswa kelas X.1 SMAN 3 Kampar mengalami
peningkatan yaitu sebesar 83,78% dengan nilai rata-rata siswa 72,73. Faktor penunjang dalam
penelitian meliputi dari segi lokasi sekolah yang strategis, sarana sekolah, partisipasi
kolabolator, motivasi dan tindakan yang dilakukan oleh guru. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa terjadinya peningkatan keterampilan membacakan puisi siswa dengan memperhatikan
lafal nada, tekanan, dan intonasi yang tepat serta menunjukkan adanya beberapa faktor
penunjang dan penghambat dalam peningkatan membacakan puisi siswa kelas X.1 SMAN 3
Kampar. Model pembelajaran sanggar sastra sangat cocok digunakan oleh guru dalam
pembelajaran membacakan puisi siswa. Guru hendaknya memilih langkah pembelajaran yang
tepat dalam menggunakan model sanggar sastra dalam proses pembelajaran puisi.


Keywords


peningkatan, membacakan puisi, model sanggar sastra.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v6i1.4156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.