PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN PRABACA
Abstract
Mengembangkan kemampuan bahasa pada aspek prabaca sejak usia dini, sangatlah penting
sebagai persiapan secara akademis untuk memasuki pendidikan dasar selanjutnya. Membaca
dapat diartikan menterjemahkan simbol atau gambar ke dalam suara yang dikombinasikan
dengan kata-kata, kata-kata disusun agar orang lain dapat memahaminya. Penelitian ini mengkaji
bagaimana pengaruh penggunaan metode bercerita dengan gambar dalam meningkatkan
kemampuan prabaca anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest design yang memberikan tes awal dan tes
akhir terhadap subjek penelitian. Berdasarkan perhitungan statistik, dapat dilihat bahwa nilai Z
uji rata-rata skor pre-test dengan skor post-test kemampuan prabaca pada anak sebesar 2,844
dengan nilai signifikansi lebih kecil dari nilai probabilitas (0,004 < 0,05) dengan demikian H0
ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pre-test dengan skor posttest
kemampuan prabaca pada anak,setelah mendapatkan perlakuan berupa kegiatan dengan
menggunakan metode bercerita dengan gambar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
penggunaan metode bercerita dengan gambar memiliki pengaruh yang signifikan dalam
meningkatkan kemampuan prabaca anak usia dini di Kober Al Haqqul Yaqin.
Kata Kunci: Metode bercerita, Gambar, Kemampuan prabaca
sebagai persiapan secara akademis untuk memasuki pendidikan dasar selanjutnya. Membaca
dapat diartikan menterjemahkan simbol atau gambar ke dalam suara yang dikombinasikan
dengan kata-kata, kata-kata disusun agar orang lain dapat memahaminya. Penelitian ini mengkaji
bagaimana pengaruh penggunaan metode bercerita dengan gambar dalam meningkatkan
kemampuan prabaca anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest design yang memberikan tes awal dan tes
akhir terhadap subjek penelitian. Berdasarkan perhitungan statistik, dapat dilihat bahwa nilai Z
uji rata-rata skor pre-test dengan skor post-test kemampuan prabaca pada anak sebesar 2,844
dengan nilai signifikansi lebih kecil dari nilai probabilitas (0,004 < 0,05) dengan demikian H0
ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pre-test dengan skor posttest
kemampuan prabaca pada anak,setelah mendapatkan perlakuan berupa kegiatan dengan
menggunakan metode bercerita dengan gambar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
penggunaan metode bercerita dengan gambar memiliki pengaruh yang signifikan dalam
meningkatkan kemampuan prabaca anak usia dini di Kober Al Haqqul Yaqin.
Kata Kunci: Metode bercerita, Gambar, Kemampuan prabaca
Keywords
Metode bercerita, Gambar, Kemampuan prabaca
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v6i1.4154
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.