ANALISIS KEMUNCULAN SIKAP ILMIAHPADA RUBRIK PENILAIAN SIKAP SUBTEMA MACAM-MACAM SUMBER ENERGI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Tursinawati vin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemunculan sikap ilmiah pada rubrik penilaian
sikap subtema macam-macam energi kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualititaf dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah buku guru
kelas IV semester ganjil pada tema selalu berhemat energi pada sumbtema macam-macam
sumber energi. Pengumpulan data adalah dokumentasi. Tehnik analisis yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat
disimpulkan bahwa:(1) Sikap ilmiah terdiri atas sikap ingin tahu, mawas diri/teliti, jujur,
bertanggung jawab terbuka pada ide-ide baru, objektife, bekerja sama, berlandaskan pada
bukti, berfikir kritis, kesadaran atau peduli terhadap lingkungan, menerima pengetahuan menjadi
bagian dari tradisi intelektual, tidak putus asa/tekun, tidak berprasangka, berpikir bebas, disiplin,
ingin mendapat sesuatu yang baru, sikap konsisten terhadap prolehan ilmu pengetahuan,
percaya diri, dan relegius; (2) hanya sebahagian sikap ilmiahyang muncul pada rubrik penilaian
sikap tema selalu berhemat energi sumbtema macam-macam sumber energi kelas IV yaitu
sikap ingin tahu, mawas diri/teliti, bekerja sama, tidak putus asa/tekun, disiplin, berani dan
percaya diri. Hal ini ditunjukkan bahwa kemunculan sikap ilmiah pada rubrik penilaian berada
pada nilai 25%; (3) Rubrik penilaian sikap yang disedikan pada buku guru tema selalu berhemat
energi sumbtema macam-macam sumber energi kelas IV belum termuat secara keseluruhan
aspek sikap yang tercantum pada kompetensi dasar dan kegiatan belajar.


Keywords


Sikap Ilmiah, Rubrik Penilaian Sikap

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v6i1.4153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.