MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI BERNYANYI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK LABOR UNIVERSITAS RIAU

Hukmi ', Febrialismanto '

Abstract


Tulisan ini memuat hasil penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di TK Labor Universitas
Riau. Berdasarkan pengamatan bahwa beberapa anak usia 4-5 tahun tidak dapat berbicara dengan
baik terutama berkaitan dengan pengucapannya, khususnya terkait dengan suara dari huruf konsonan.
Lalu dilakukanlah usaha peningkatan kemampuan berbicara anak tersebut melalui kegiatan bernyanyi.
Kegiatan bernyanyi ini dilakukan dengan iringan musik keyboard, yang pelaksanaan tindakan
dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan tiga (3) kali pertemuan. Sebelum diperlakukan
kemampuan berbicara anak hanya 48.68% yakni ‘mulai berkembang’. Setelah dilakukan tindakan,
maka pada siklus 1 kemampuan berbicara anak meningkat menjadi 61.16 %. Pada siklus 2 meningkat
menjadi 77.629 %. Peningkatan ini termasuk pada rentang ‘berkembang sangat baik’.


Keywords


Kata Kunci: kemampuan berbicara; bernyanyi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v5i1.3843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.