PENERAPAN BERMAIN ASOSIATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK 007 KARYA BHAKTI KABUPATEN KAMPAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun
melalui bermain asosiatif di TK 007 Karya Bhakti Kabupaten Kampar , dan untuk membantu
anak untuk mengenal konsep bilangan, huruf, dan warna. Metode penelitian yang digunakan
adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tindakan kelas yang peneliti lakukan pada penelitian adalah
bermain asosiatif untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK 007
Karya Bhakti Kabupaten Kampar , dan diamati oleh observer. Sampel yang diambil adalah anak
TK 007 Karya Bhakti Kabupaten Kampar dengan jumlah anak sebanyak 20 orang, yang terdiri
dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah melalui observasi guru dan anak serta data kemampuan kognitif Anak Usia 5-6 Tahun
dengan melalui bermain asosiatif. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika diterapkan bermain
asosiatif, maka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK 007 Karya
Bhakti Kabupaten Kampar . Berdasarkan hasil penelitian, maka kesimpulan penelitian ini bahwa
kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK 007 Karya Bhakti Kabupaten Kampar dapat
ditingkatkan melalui bermain asosiatif. Hal ini diketahui dari peningkatan rata-rata nilai atau
skor kemampuan anak dari data awal hingga siklus kedua pertemuan kedua. Kemampuan
kognitif anak usia 5-6 Tahun TK 007 Karya Bhakti Kabupaten Kampar pada data awal diperoleh
rata-rata 58.9, setelah dilaksanakannya penelitian tindakan kelas sebagai upaya perbaikan
pembelajaran melalui bermain asosiatif, diperoleh rata-rata 62.2 pada pertemuan pertama
siklus pertama, sehingga diperoleh peningkatan sebesar 5.6%. Kemampuan kognitif anak
meningkat pada pertemuan kedua siklus pertama dengan rata-rata 69.4 (meningkat 11.6%),
pada siklus kedua pertemuan kedua tercapai rata-rata 80.6 (meningkat 16.1%), dan meningkat
pada pertemuan kedua siklus kedua dengan rata-rata kemampuan 88.9 (meningkat 10.3%).
Jika dilihat dari 20 anak, 3 anak memperoleh penilaian sangat baik, dan selebihnya memperoleh
penilaian baik. Sehingga diperoleh persentase keberhasilan penelitian sebesar 100%.
melalui bermain asosiatif di TK 007 Karya Bhakti Kabupaten Kampar , dan untuk membantu
anak untuk mengenal konsep bilangan, huruf, dan warna. Metode penelitian yang digunakan
adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tindakan kelas yang peneliti lakukan pada penelitian adalah
bermain asosiatif untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK 007
Karya Bhakti Kabupaten Kampar , dan diamati oleh observer. Sampel yang diambil adalah anak
TK 007 Karya Bhakti Kabupaten Kampar dengan jumlah anak sebanyak 20 orang, yang terdiri
dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah melalui observasi guru dan anak serta data kemampuan kognitif Anak Usia 5-6 Tahun
dengan melalui bermain asosiatif. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika diterapkan bermain
asosiatif, maka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK 007 Karya
Bhakti Kabupaten Kampar . Berdasarkan hasil penelitian, maka kesimpulan penelitian ini bahwa
kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK 007 Karya Bhakti Kabupaten Kampar dapat
ditingkatkan melalui bermain asosiatif. Hal ini diketahui dari peningkatan rata-rata nilai atau
skor kemampuan anak dari data awal hingga siklus kedua pertemuan kedua. Kemampuan
kognitif anak usia 5-6 Tahun TK 007 Karya Bhakti Kabupaten Kampar pada data awal diperoleh
rata-rata 58.9, setelah dilaksanakannya penelitian tindakan kelas sebagai upaya perbaikan
pembelajaran melalui bermain asosiatif, diperoleh rata-rata 62.2 pada pertemuan pertama
siklus pertama, sehingga diperoleh peningkatan sebesar 5.6%. Kemampuan kognitif anak
meningkat pada pertemuan kedua siklus pertama dengan rata-rata 69.4 (meningkat 11.6%),
pada siklus kedua pertemuan kedua tercapai rata-rata 80.6 (meningkat 16.1%), dan meningkat
pada pertemuan kedua siklus kedua dengan rata-rata kemampuan 88.9 (meningkat 10.3%).
Jika dilihat dari 20 anak, 3 anak memperoleh penilaian sangat baik, dan selebihnya memperoleh
penilaian baik. Sehingga diperoleh persentase keberhasilan penelitian sebesar 100%.
Keywords
Bermain Asosiatif, dan Kemampuan Kognitif
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v5i2.3840
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.