PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERBANDINGAN PECAHAN DENGAN MEDIA ORIGAMI PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 JANGKA
Abstract
Rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep perbandingan pecahan berpengaruh
langsung pada prestasi perbandingan pecahan. Pemahaman konsep harus diutamakan
supaya siswa memiliki skill dalam menyelesaikan permasalahan perbandingan pecahan
yang dihadapinya. Tujuan penelitian ini melalui kegiatan pembelajaran menggunakan media
origami dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas III SD Negeri 1 Jangka dalam
membandingkan pecahan. Jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model
Kemmis dan Tagart. Subyek penelitian 20 siswa kelas III SDN 1 Jangka. Pengumpulan
data dengan tes awal, tes akhir tindakan, observasi dan wawancara. Teknik analisis data
dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan
penarikan kesimpulan. Keberhasilan hanya satu tindakan berupa pembelajaran sebagai
usaha mempermudah pemahaman dengan membuat kedua pecahan kedalam bentuk konkrit
dengan Hasil penelitian pembelajaran berlangsung dengan baik, pembelajaran dengan
menggunakan kertas origami dapat meningkatkan pemahaman konsep perbandingan
pecahan pada siswa kelas III SD Negeri 1 Jangka.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v5i1.3839
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.