GAMBARAN PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU PAUD SE-KECAMATAN PAYUNG SEKAKI KOTA PEKANBARU

Sutanti '

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kelas oleh guru PAUD se-Kecamatan
Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 21
orang guru yang bependidikan S1 PAUD di Kecamatan Kecamatan Payung Sekaki Kota
Pekanbaru. Adapun teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket. Teknik analisa data
menggunakan rumus persentase. Dari hasil penelitian diperoleh pengelolaan kelas oleh guru
PAUD se-Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru secara keseluruhan memperoleh
persentase sebesar 89,74% yang berada pada kategori “Sangat Sering”. Berdasarkan analisis
tentang masa kerja guru, menunjukkan masa kerja guru mempengaruhi kemampuan
pengelolaan kelas oleh guru PAUD se-Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru. Hal ini
dapat diketahui dari hasil analisa data hasil perhitungan chi square diperoleh angka sebesar
41,868%. Angka tersebut dibandingkan dengan nilai chi square pada tabel dengan dk sebesar
26 berada pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 38,885%, menunjukkan hasil perhitungan
chi square lebih besar dari hasil chi square pada tabel (41,866%>38,855%). Berdasarkan
analisis tentang mengikuti pelatihan, menunjukkan mengikuti pelatihan tidak mempengaruhi
kemampuan pengelolaan kelas oleh guru PAUD se-Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru.
Hal ini dapat diketahui dari hasil analisa hasil perhitungan chi square diperoleh angka sebesar
8,399%. Angka tersebut dibandingkan dengan nilai chi square pada tabel dengan dk sebesar 4
pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 9,488%, menunjukkan hasil perhitungan chi square
lebih kecil dari hasil chi square pada tabel (8,399%<9,488%).


Keywords


Pengelolaan Kelas

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v5i2.3838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.