PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DASAR SAINS PADA ANAK DIDIK KELOMPOK A TK PKK SURUHWADANG KECAMATAN KADEMANGAN KABUPATEN BLITAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh tentang kemampuan kognitif anak dalam
hal konsep dasar sains dengan menggunakan metode eksperimen pada anak didik kelompok
A TK PKK Suruhwadang sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Melakukan tindakan
berupa penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam
konsep dasar sains pada anak didik kelompok A TK PKK Suruhwadang. Mengetahui ada
tidaknya perbedaan kemampuan konsep dasar sains dengan menggunakan metode
eksperimen pada anak didik kelompok A TK PKK Suruhwadang antara sebelum dan setelah
dilakukan tindakan. Rumusan masalah pada penitilian ini adalah apakah metode eksperimen
dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dasar sains pada anak didik kelompok
A TK PKK Suruhwadang Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Untuk menjawab
rumusan masalah digunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis
dan Taggart melalui empat tahapan yaitu tahap perencanaan , pelaksanaan, observasi dan
refleksiyang dilalui dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar observasi
kegiatan anak dan lembar observasi pembelajaran oleh guru.Hasil penelitian menunjukan
bahwa kemampuan kognitif anak kelompok A pada konsep dasar sain pada pra penelitian
menunjukkan prosentase 56.25%. Setelah pelaksanaan siklus I tentang bidang kemampuan
kognitif pada konsep dasar sains menunjukkan 59% mengalami peningkatan .Setelah
pelaksanaan siklus ke II naik menjadi 83%. Hal ini menunjukkan pelaksanaan siklus ke II
telah mencapai kriteria ketuntasan dan membuktikan bahwa dengan metode eksperimen
dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam konsep dasar sains.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v5i1.3836
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.