MENINGKATKAN KEMANDIRIAN MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA 010 CABANG KUOK KABUPATEN KAMPAR

Herlina '

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya Kemandirian anak. Berdasarkan
pengamatan penulis di kelas TK ABA 010 Cabang Kuok Kabupaten Kampar pada umumnya
mempunyai permasalahan 1) Adanya sebagian anak yang selalu ditemani oleh orang tuanya
ketika pembelajaran di sekolah 2) Adanya sebagian anak yang kurang percaya diri, hal ini
terlihat ketika anak mendapatkan tugas atau perintah dari guru, 3) Adanya sebagian anak
yang selalu ditemani oleh guru atau orang tua ketika makan atau disuapkan oleh orang
tuanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(Classroom Action Research) dengan jumlah sampel anak sebanyak 20 orang anak. Teknik
pengumpulan data pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Hasil
penelitian dapat diketahu Peningkatan kemandirian anak Usia 5 – 6 Tahun di TK ABA 010
Cabang Kuok Kabupaten Kampar pada data awal diperoleh skor 301 dengan persentase
37.6%, pada siklus I memperoleh skor 413 atau 51,6% dengan kiteria berkembang sesuai
harapan. Terjadi peningkatan kemandirian anak usia 5-6 tahun pada siklus II dengan skor
593 atau 74,1% dengan kiteria berkembang sesuai harapan. Berarti peningkatan dari data
awal ke siklus II adalah sebesar 36,4%.


Keywords


Metode Demonstrasi, Kemandirian

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v5i1.3834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.