MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK MELALUI METODE PROYEK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN ANAK TK EDUCATION 21 KULIM PEKANBARU
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di anak-anak di TK Education 21
Kulim dari Payung Sekaki Pekanbaru, masih banyak kurangnya terlihat dari kepercayaan
yang ditunjukkan anak ketika anak tiba di sekolah saat ibu meninggalkan mereka. Masih
harus disertai orang tua. Anak-anak selalu menolak untuk menjadi pemimpin garis, ketika
di kelas melakukan tanya-jawab dan anak-anak hanya mengangguk dan menggeleng tanpa
berani berekspresi, cerita di depan kelas masih disertai oleh guru, anak tidak ingin
menunjukkan dia bekerja. kondisi lapangan tidak sesuai dengan apa yang menjadi tujuan
dari sekolah. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menentukan kepercayaan dari anak-
anak berusia 4-5 tahun di TK Education 21 Payung Sekaki Pekanbaru sebelum pelaksanaan
metode proyek, untuk menentukan apakah ada metode pengaruh proyek pada kepercayaan
dari anak-anak berusia 4-5 tahun di TK Education 21 Payung Sekaki Pekanbaru dan untuk
mengetahui bagaimana peningkatan terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas (PTK), yang dilakukan dalam 2 siklus. pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dalam bentuk lembar observasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini
adalah 20 orang yang terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Berdasarkan hasil pengolahan
data dan pengamatan kepercayaan telah meningkat dalam setiap siklus. Persentase
kenaikan kepercayaan anak usia 4-5 tahun dengan menggunakan proyek di TK Pendidikan
21 Kulim Payung Sekaki Pekanbaru dapat dilihat dari langkah-langkah sebelumnya
persentase nilai yang diperoleh dengan rata-rata 38,67% dengan kriteria kurang. Setelah
diperbaiki pada siklus I diperoleh persentase nilai rata-rata 45,22% dengan kriteria kurang,
pada siklus II meningkat dengan persentase nilai rata-rata memperoleh nilai 74,11%, dapat
dilihat bahwa metode proyek dapat meningkatkan rasa percaya diri anak-anak 4-5 tahun
dengan kriteria cukup.
Kulim dari Payung Sekaki Pekanbaru, masih banyak kurangnya terlihat dari kepercayaan
yang ditunjukkan anak ketika anak tiba di sekolah saat ibu meninggalkan mereka. Masih
harus disertai orang tua. Anak-anak selalu menolak untuk menjadi pemimpin garis, ketika
di kelas melakukan tanya-jawab dan anak-anak hanya mengangguk dan menggeleng tanpa
berani berekspresi, cerita di depan kelas masih disertai oleh guru, anak tidak ingin
menunjukkan dia bekerja. kondisi lapangan tidak sesuai dengan apa yang menjadi tujuan
dari sekolah. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menentukan kepercayaan dari anak-
anak berusia 4-5 tahun di TK Education 21 Payung Sekaki Pekanbaru sebelum pelaksanaan
metode proyek, untuk menentukan apakah ada metode pengaruh proyek pada kepercayaan
dari anak-anak berusia 4-5 tahun di TK Education 21 Payung Sekaki Pekanbaru dan untuk
mengetahui bagaimana peningkatan terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas (PTK), yang dilakukan dalam 2 siklus. pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dalam bentuk lembar observasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini
adalah 20 orang yang terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Berdasarkan hasil pengolahan
data dan pengamatan kepercayaan telah meningkat dalam setiap siklus. Persentase
kenaikan kepercayaan anak usia 4-5 tahun dengan menggunakan proyek di TK Pendidikan
21 Kulim Payung Sekaki Pekanbaru dapat dilihat dari langkah-langkah sebelumnya
persentase nilai yang diperoleh dengan rata-rata 38,67% dengan kriteria kurang. Setelah
diperbaiki pada siklus I diperoleh persentase nilai rata-rata 45,22% dengan kriteria kurang,
pada siklus II meningkat dengan persentase nilai rata-rata memperoleh nilai 74,11%, dapat
dilihat bahwa metode proyek dapat meningkatkan rasa percaya diri anak-anak 4-5 tahun
dengan kriteria cukup.
Keywords
percaya diri, metode proyek
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v5i2.3831
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.