PENGARUH POLA ASUH DAN BULLYING TERHADAP HARGA DIRI (SELF ESTEEM) PADA ANAK KELOMPOK B TK DI KOTA PEKANBARU TAHUN 2016
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh anak yang agresif dan menyukai kekerasan, anak yang
sering merasa cemas, anak yang kurang percaya diri, anak yang merasa dirinya lemah,
anak yang merasa dirinya mempunyai kekuatan fisik dan berkuasa, dan anak yang kurang
mendapatkan pengawasan dari orang tua dan guru di kelompok B TK Kota Pekanbaru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh dan bullying terhadap harga
diri (self esteem). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pola asuh (X1),
bullying (X2), harga diri (self esteem) (X3). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif,
studi kausal dengan teknik analisis jalur. Peneltian ini dilakukan pada anak kelompok B TK
di Kota Pekanbaru pada bulan Juli hingga September tahun 2016. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah kluster sampling (mengambil wakil dari setiap wilayah
geografis yang ada). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 99 anak. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pola asuh berpengaruh langsung positif terhadap harga diri (self-
esteem), bullying berpengaruh langsung positif terhadap harga diri (self esteem) dan pola
asuh berpengaruh langsung positif terhadap bullying.
sering merasa cemas, anak yang kurang percaya diri, anak yang merasa dirinya lemah,
anak yang merasa dirinya mempunyai kekuatan fisik dan berkuasa, dan anak yang kurang
mendapatkan pengawasan dari orang tua dan guru di kelompok B TK Kota Pekanbaru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh dan bullying terhadap harga
diri (self esteem). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pola asuh (X1),
bullying (X2), harga diri (self esteem) (X3). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif,
studi kausal dengan teknik analisis jalur. Peneltian ini dilakukan pada anak kelompok B TK
di Kota Pekanbaru pada bulan Juli hingga September tahun 2016. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah kluster sampling (mengambil wakil dari setiap wilayah
geografis yang ada). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 99 anak. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pola asuh berpengaruh langsung positif terhadap harga diri (self-
esteem), bullying berpengaruh langsung positif terhadap harga diri (self esteem) dan pola
asuh berpengaruh langsung positif terhadap bullying.
Keywords
Pola asuh, bullying, harga diri (self esteem).
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v5i2.3829
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.