HUBUNGAN MOTIVASI MENGAJAR GURU DENGAN KREATIVITAS GURU PADA GURU YANG TELAH MEMILIKI SERTIFIKAT PENDIDIK PAUD SE-KOTA PEKANBARU

Diana Sari

Abstract


Terdapat pada sebagian besar guru PAUD yang memiliki sertifikat pendidik PAUD se-Kota
Pekanbaru yaitu guru yang sudah sertifikasi tetap menggunakan media-media yang itu-itu
saja, guru yang sudah bersertifikasi tidak dapat memecahkan masalah yang terjadi pada
anak didiknya, guru yang sudah sertifikasi masih saja menggunakan RKH dan RKM yang
sudah dipakai pada tahun sebelumnya dan jarang untuk memperbaharuinya, guru yang
sudah sertifikasi tidak mampu untuk menggunakan bahan-bahan yang ada disekitarnya
untuk proses pembelajaran dan masih menggunakan APE yang telah ada. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi mengajar dengan kreativitas guru pada
guru yang telah memiliki sertifikat pendidik PAUD se-Kota Pekanbaru. Populasi penelitian
ini adalah seluruh guru yang memiliki sertifikat pendidik PAUD yang berjumlah 110 orang.
Sampel yang digunakan sebanyak 52 orang. Adapun teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah skala yaitu angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah dan
analisis metode statistik korelasi Pearson Product Moment dengan program SPSS 16.
Dari hasil penelitian yang diperoleh terdapat hubungan yang positif dan signifikan motivasi
mengajar dengan kreativitas guru pada guru yang telah memiliki sertifikat pendidik PAUD
se-Kota Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari r hitung sebesar 0,608, dengan nilai p = 0,000.
Oleh karena p < 0,05 (0,000 < 0.05) maka Ho ditolak. Selain itu hipotesis di uji juga dengan
“uji t” nilai hasil t hitung yang di dapatkan adalah 5,44 dan nilai t tabel (5%) (dk = n-2= 52-2=50)
adalah 2,000. Oleh sebab itu t hitung lebih besar dari t tabel atau 5,44 > 2,000, maka dapat
diartikan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi mengajar guru
dengan kreativitas guru PAUD yang telah memiliki sertifikat pendidik PAUD se-Kota Pekanbaru
. Koefisien determinan yang dihasilkan adalah sebesar r 2 = 0,369, maka dapat terlihat
bahwa motivasi mengajar memberi pengaruh sebesar 36,9% terhadap kreativitas guru dan
terdapat 63,1% lainnya dipengaruhi faktor lain. Koefisien korelasi yang ditemukan sebesar
0,608 termasuk pada kategori baik.


Keywords


Motivasi, mengajar, kreativitas

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v5i2.3826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.