ANALISIS SELF RESILIENCE DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA PRODI PG PAUD FKIP UNIVERSITAS RIAU
Abstract
Penelitan ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran self
resilience dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa Pendidikan Guru PAUD (PG PAUD)
FKIP Universitas Riau. Penelitian ini dilakukan atas dasar sebagian mahasiswa ketika
menyelesaikan skripsi banyak yang memerlukan waktu yang lama untuk perbaikan skripsinya
setelah bimbingan dengan dosen pembimbingnya masing-masing. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini adalah simple random sampling, dengan jumlah subjek penelitian sebanyak
85 orang mahasiswa PG PAUD FKIP Universitas Riau. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan skala self resilence yang dimodifikasi dari skala self resilience oleh peneliti
sendiri dengan indikator, mempunyai tujuan yang jelas, yakin dengan kemampuan yang
dimilikinya, dapat menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, determination, mempunyai
kontrol diri yang baik, dan mampu melihat kelebihan dan kelemahan dirinya. Reliabiltas alat
ukur diuji dengan teknik alpha cronbach dan diperoleh hasil koefisien reliabilitas sebesar
0,948 setelah uji coba. Hasil penelitian ini adalah self resillience mahasiswa PG PAUD berada
pada tahap sedang dengan rata-rata 55,3. Dimensi terbesar dari self resillience mahasiswa
PG PAUD FKIP Universitas Riau adalah pada taraf sense of purpose dan taking control yaitu
kemampuan untuk memiliki tujuan-tujuan yang jelas serta memiliki kontrol diri yang baik ketika
menghadapi masalah dan tantangan dalam menyelesaikan skripsi.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v5i1.3821
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.