KEMAMPUAN BERNYANYI MAHASISWA PG PAUD ANGKATAN 2013 DI FKIP UNIVERSITAS RIAU

Hukmi '

Abstract


Kemampuan atau keterampilan bernyanyi merupakan hal penting bagi guru atau calon gurupendidikan anak usia dini. Namun pengamatan terhadap mahasiswa PG PAUD FKIP UniversitasRiau, beberapa di antaranya ada yang tidak dapat melakukannya baik dalam proses pendidikanbahkan juga ketika mahasiswa melaksanakan praktek mengajar di lapangan (PPL). Terkait haldemikian, maka dilakukanlah penelitian yang sifatnya survey yang tujuannya mengetahuikemampuan bernyanyi mahasiswa PG PAUD FKIP Universitas Riau angkatan 3013/2014.Penelitian atau observasi ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif kuantitaif. Diperolehdata kemampuan bernyanyi dari 80 mahasiswa secara keseluruhan rata-rata 59,0625.Berdasarkan rentang nilainya masih pada 56-65, maka bobot nilainya adalah ‘cukup’. Dengandemikian kemampuan bernyanyi ini masih dianggap tidak memuaskan, terutama bila melihatkenyataan bahwa kemampuan ‘amat baik’ hanya dimilki oleh 1 orang, maka bila dipersentasekanhanya berada pada 1,25%; bobot nilai ‘baik’ dimilki oleh 16 orang, maka berada pada 20%mahasiswa; bobot nilai ‘cukup’ dimiliki oleh 36 orang, maka sebanyak 45% mahasiswa; bobot‘kurang’ dimilki oleh 27 orang, maka sebanyak 33,75% mahasiswa.

Kata Kunci : kemampuan bernyanyi, mahasiswa pg paud


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v4i1.2805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.