PEMETAAN PENERAPAN MODIFIKASI PERILAKU KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI OLEH PENDIDIK PAUD DI KOTA PEKANBARU

Devi Risma

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk menggambarkan pengenalan dan penerapanmodifikasi perilaku kognitif yang dilakukan oleh Pendidik PAUD untuk mengatasi permasalaananak usia dini di Kota Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui gambaranpengenalan Pendidik PAUD tentang modifikasi perilaku kognitif dan penerapannya untukmengatasi permasalahan anak usia dini. Sampel dalam penelitian ini adalah Pendidik PAUD diKota Pekanbaru sebanyak 139 orang yang tersebar pada seluruh kecamatan. Teknik pengumpulandata menggunakan kuesioner yang berisikan pertanyaan tentang pengetahuan dan penerapanpendidik PAUD dalam melaksanakan modifijasi perilaku kognitif. Berdasarkan hasil penelitiandapat disimpulkan bahwa pengetahuan guru PAUD tentang modifikasi perilaku kognitif sebagianbesar dalam kategori sangat rendah (60%), sedangkan penerapannya dalam kategori sedang(41,35%). Hal ini berarti guru PAUD walaupun belum mengenal istilah modifikasi perilaku kognitif,namun pada dasarnya sudah menerapkan dalam mengatasi permasalahan anak usia dini.

Kata Kunci : model modifikasi, perilaku kognitif


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v4i1.2804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.