TANGGAPAN GURU TERHADAP PENGGUNAAN MODUL ENGLISH CLASSROOM LANGUAGE (ECL) BAGI GURU SEKOLAH DASAR DALAM PENINGKATAN KOMUNIKASI BAHASA INGGRIS DI KOTA BANDA ACEH

Darmawati ', Tursinawati ', Septhia Irnanda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan guru terhadap penggunaan modul bagiguru SD untuk mengembangkan skillnya dalam menggunakan bahasa Inggris di dalampengajaran, khususnya bahasa-bahasa yang bersifat instruktif dan rutin (bahasakelas). Metodepenelitian adalah Penelitian dan Pengembangan yang berdasar pada kerangka kerja;Pemvalidasian modul, Ujicoba yang di dalamnya termasuk pemberian pelatihan skill ECL sertapembimbingan penerapannya ke dalam kelas. Sampel peserta pelatihan (n=14 guru kelas)yaitu 4SD di kota Banda Aceh dan 4 sampel untuk disupervisi penerapan skill ECL. Pelatihandilaksanakan selama 3 hari. Pemvalidasian modul dilakukan oleh seorang Ahli Isi PembelajaranBahasa Inggris kepada penutur non-English. Instrumen penelitian adalah angket dan interview.Hasil angket menunjukkan bahwa: guru memiliki pengetahuan dasar dan pemahaman tentangpentingnya berinteraksi di kelas, pentingnya peran guru dalam memberikan contoh-contohbahasainggris, dan peran serta posisi bahasa Ibu dan bahasa Inggris di kelas; guru belummemahami tentang mengaplikasikan skill berbahasa yang efektif di kelas; guru mengaplikasikanbahasa kelas (ECL) yang belum efektif.

Keyword: Modul ECL, Guru Sekolah Dasar, Komunikasi Bahasa Inggris.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v4i1.2801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.