PEMETAAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS GURU PG PAUD SE KOTA PEKANBARU
Abstract
Kesejahteraan guru secara umum sangat penting diperhatikan karena dapat mempengaruhikinerja guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya pada satuan pendidikan. GuruPAUD secara khusus memegang peranan penting dan strategis dalam upaya menumbuhkembangkangenerasi emas (golden age) sejak dini pada satuan PAUD. Kesejahteraan gurubukan saja dalam aspek sosial, ekonomi dan fisik, tetapi juga kesejahteraan psikologis. Penelitianini berfokus pada masalah kesejahteraan psikologis guru dengan rumusan masalah:Bagaimanakah pemetaan kesejahteraan psikologis guru PAUD se Kota Pekanbaru? Tujuanpenelitian adalah untuk mengetahui tingkat kesejahteraan psikologi Guru PAUD se KotaPekanbaru. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan skala pengukurankesejahteraan psikologis, mencakup dimensi otonomi, lingkungan, peribadi, hubungan positif,makna dan tujuan hidup dan penerimaan diri. Populasi penelitian 624 guru PAUD (TPA dan KB)se Kota Pekanbaru dengan sampel 164 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaranumum kesejahteraan psikologis guru berada pada kategori sedang (51.75%). Dilihat dari 6dimensi kesejahteraan guru, ternyata sebaran persentasenya seimbang atau merata skitar 16-18%. Namun, kalau dilihat dari kategori dari frekuensi rentang skor skala kesejahteraan psikologis,maka jumlah guru PAUD yang berada pada kategori rendah adalah 29.88% dan sangat rendah(32.32%). Artinya, sebagian besar guru PAUD se Kota Pekanbaru berada tingkat kesejahteraanpsikologis rendah dan sangat rendah. Kenyataan ini menunjukkan bahwa kesejahteraanpsikologis guru PAUD (TPA dan KB) se Kota Pekanbaru sungguh memprihatinkan. Implikasinya,disamping perlu adanya upaya peningkatan kesejahteraan guru dalam aspek sosial ekonomi,mesti pula ditingkatkan kesejahteraan psikologis guru PAUD se Kota Pekanbaru melalui kebijakandan manajemen sumber daya manusia yang efektif dari Pemda dan Yayasan yangmenyelenggarakan PAUD di Kota Pekanbaru.
Kata Kunci : Kesejahteraan psikologis, Guru PAUD, TPA dan KB.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v4i1.2798
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.