ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI TAMAN KANAK-KANAK KECAMATAN KAMPAR PROVINSI RIAU

Febrialismanto '

Abstract


Peran Guru dalam pendidikan sangat besar dikarenakan guru merupakan elemen yang langsungterlibat dalam proses pembelajaran. Peran yang besar guru dalam proses pembelajaranmewajibkan guru memiliki kemampuan atau kompetensi terutama kompetensi propesionaldalam proses pembelajaran tersebut. Kewajiban guru untuk memiliki kompetensi prosesionalditunjukkan dalam Permendiknas No. 16 Tahun 2007. Penelitian ini mengungkapkan kondisikompetensi professional guru pada Taman Kanak-kanak di Kecamatan Kampar Provinsi Riaudengan menggunakan tes. Dari temuan penelitian dapat diketahui kondisi kompensi professionalguru termasuk dalam kategori cukup baik. Salah satu aspek kompetensi professional pada guruTaman Kanak-kanak kecamatan Kampar Provinsi Riau yang memiliki nilai lebih rendah dariaspek yang lain adalah Aspek memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untukberkomunikasi dan mengembangkan diri.

Kata Kunci: Guru, Kompetensi Profesional


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v4i1.2796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.