GAYA BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN LATAR BELAKANG ETNIS (TIONGHOA-DAYAK) DI KABUPATEN SINTANG KALIMANTAN BARAT

Eliana Yunitha Seran

Abstract


Gaya belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor baik yang bersifat internal maupun eksternal.Dalam faktor eskternal tersebut salah satunya adalah etnisitas siswa yang berpengaruh padasetting sosial budaya yang kemudian membentuk perspektif tentang belajar itu sendiri. Sebagaidua dari etnis terbesar di Sintang Kalimantan Barat maka peneliti melakukan penelusuran denganpendekatan kualitatif bentuk penelitian survey. Adapun masalah yang diangkat adalah bagaimanaperanan etnis Tionghoa-Dayak dalam membentuk gaya belajar siswa. Alat pengumpul data yangdigunakan adalah kuesioner, wawancara dan observasi. Angket di sebarkan kepada 260 orangsiswa di SD Panca Setya Sintang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etnis Tionghoa persentasegaya belajar yang dominan adalah kompetitif sebesar 25,60% sedangkan etnis Dayak gayabelajar yang dominan adalah kolaboratif sebesar 27,30%.

Kata Kunci: gaya belajar, etnisitas siswa


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v4i1.2795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.