Persepsi Mahasiswa Tentang Peranan Dosen Pembimbing Dalam Pembuatan Tugas Akhir (Skripsi) Mahasiswa Pada Program Studi Administrasi Pendidikan Fkip Universitas Riau Pekanbaru (2011)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang peranan dosen pembimbing skripsi dan kualitas pembimbingan yang dibarikan oleh dosen pembimbing terhadap mahasiswa dalam penulisan skripsi pada Program Studi Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Riau. Survey dilakukan terhadap 69 alumni S1 Program Studi Administrasi Pendidikan Universitas Riau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan dosen pembimbing skripsi menurut persepsi mahasiswa berada pada kategori baik dan sangat baik (95.24%). Begitu juga, kualitas pembimbingan skripsi mahasiswa secara keseluruhan berada pada kategori baik dan sangat baik (92.61%). Namun, peranan dankualitas pembimbingan dosen dalam beberapa aspek penulisanskripsi menurut persepsi mahasiswa perlu ditingkatkan lagi.Implikasinya, dosen pembimbing harus memahami harapan mahasiswa dan memperhatikan kualitas dari keseluruhan aspek pembimbingan skripsi agar penyelesaian tugas akhir mahasiswa (skripsi) berjalan lancar dan berhasil dengan baik.
Kata kunci: Persepsi mahasiswa, peranan dosen pembimbing, penulisanskripsi
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v1i1.1624
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2013 Jurnal Educhild : Pendidikan dan Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.